CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Thursday, November 8, 2012

Ikebana, Seni Merangkai Bunga dari Jepang

Ikebana adalah seni kuno Jepang tentang bagaimana mengatur, memotong batang, daun, serta bunga dalam wadah atau kontainer.  Ikebana juga dikenal dengan istilah kadō yang artinya ka, bunga; dan do, jalan kehidupan. Kegiatan ini lebih menekankan pada aspek seni untuk mencapai kesempurnaan dalam merangkai bunga.
Pada umumnya, bunga yang dirangkai dengan teknik merangkai dari Barat (flower arrangement) terlihat sama indahnya dari berbagai sudut pandang secara tiga dimensi dan tidak perlu harus dilihat dari bagian depan. Namun, berbeda dengan seni merangkai bunga dari Barat yang bersifat dekoratif, Ikebana berusaha menciptakan harmoni dalam bentuk linier, ritme, dan warna.  Dan, ikebana tidak mementingkan keindahan bunga tapi pada aspek pengaturannya menurut garis linier. Bentuk-bentuk dalam Ikebana didasarkan tiga titik yang mewakili langit, bumi, dan manusia.
Di antara beberapa gaya yang paling populer adalah Rikka (bunga tegak), Seika (bunga hidup), dan Nageire (campuran antara bunga tegak dan hidup).
Gaya di atas umumnya disusun dalam vas tinggi. Sedang gaya Moribana biasanya disusun dalam wadah atau piring yang dangkal.
Ikebana secara tradisional umumnya ditampilkan di ruang tamu dimana pemilik rumah menerima tamu-tamu mereka.
How beautiful they are:3

0 comments:

Post a Comment

komen