CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Wednesday, February 6, 2013

Marshmallow

Marshmallow.... Hm, siapa yang tak kenal cemilan lembut satu ini? Marshmallow atau manisan kenyal adalah makanan ringan bertekstur seperti busa yang lembut dalam berbagai bentuk, aroma dan warna. Marshmallow bila dimakan meleleh di dalam mulut karena merupakan hasil dari campuran gula atau sirup jagungputih telurgelatingom arab, dan bahan perasa yang dikocok hingga mengembang. Racikan tradisional marshmallow biasanya menggunakan semacam ekstraksi  dari akar-akaran bergetah (mucilaginous root), sejenis rumput-rumputan (althaea officinalis) ketimbang gelatin -yg banyak digunakan sekarang ini-. Penggunaan tumbuhan ini menciptakan kekhasan permen. Pada zaman kuno, tapi di zaman sekarang tanaman-tanaman ini tidak  lagi digunakan dalam produksi massal marsmallow. Marshmallow merupakan makanan ringan yang sering dimakan setelah dipanggang di atas api unggunBila dipanggang di atas api, bagian luar marshmallow mengalami karamelisasi sedangkan bagian dalam sedikit mencair.



Permen dari ekstrak tumbuhan marshmallow (althaea officialis) dapat ditelusuri ke zaman kuno. Ada indikasi bahwa orang-orang Mesir dan Romawi kuno menciptakan sensasi rasa manis pada permen dan makanan mereka kala itu dengan mencampurkan ekstraksi tumbuhan marshmallow dengan madu. Pada kenyataannya, produksi marshmallow secara komersial dimulai pada akhir abad ke 19.
Marshmallow sering diasosiasikan dengan anak-anak karena kalangan ini begitu menyukainya dan sering mengkonsumsinya tanpa tambahan apapun. Di AS marshmallow sering dicelupkan ke dalam secangkir coklat panas maupun kopi.
Salah satu makanan tradisional AS yang terbuat dari marshmallow adalah toast marshmallow. Marshmallow diletakkan di ujung tusukan skewer dan dipanggang sebentar. Hal ini akan membuat marshmallow melumer dan terkaramelisasi sehingga cairan marshmallow yg juicy meleleh keluar dari kulit luarnya yg krispi. Makanan ini cukup terkenal di AS dan bisa juga dikonsumsi terpisah.
Makanan lain dari marshmallow yang cukup terkenal antara lain krim marshmallow, pasta marshmallow yang rasanya sangat manis sangat digemari anak-anak di AS.


0 comments:

Post a Comment

komen