CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Thursday, October 24, 2013

Cara Menikmati Hidangan Sushi

Sushi, makanan khas Jepang ini sudah memiliki banyak penggemar di tanah air. Memakan sushi dipercaya baik untuk kesehatan. Ikan mentah yang terkandung di dalamnya seperti salmon, makarel, hering atau tuna memiliki kadar lemak yang rendah dan tinggi asam omega-3. Ini berarti baik untuk jantung dan meminimalisir risiko kanker.
Nah, untuk mendapatkan nikmatnya dan manfaat maksimal dari mengonsumsi sushi, seorang blogger makanan dari Jepang, Ryoko Iwata, memberitahukan tata cara yang tepat dalam menikmati sushi.
Ryoko merangkumnya dalam sebuah ilustrasi bernama Sushi 101 Infographic seperti dilansir dari Foodbeast.com, Rabu (21/08).

1. Mulai mengkonsumsi sushi yang terbuat dari ikan dengan karakter rasa yang ringan seperti kakap (snapper), kemudian dilanjutkan dengan sushi dengan karakter rasa kuat seperti tuna dan salmon. Hal ini dilakukan agar sushi dengan rasa ringan dapat terasa dan tak tertutupi oleh sushi dengan rasa kuat.

2. Setelah mengkonsumsi dengan urutan seperti di atas, selanjutnya adalah sushi telur. Dimana sushi telur ini berperan sebagai hidangan penutup (dessert).

3. Terakhir konsumsi sushi roll sederhana seperti tuna atau salmon sebagai tanda Anda mengakhiri menikmati hidangan sushi.

4. Terdapat berbagai etika dalam menikmati sushi. Salah satunya adalah jangan menggosok-gosok kedua sumpit setelah mematahkannya. Meskipun tujuan dari menggosok sumpit ini untuk menghilangkan sisa serpihan kayu yang menempel, tindakan ini memiliki makna yang tersirat yaitu "perangkat makanan Anda murah". Tentunya Anda tidak ingin menjadi seorang konsumen yang tidak sopan bukan.

5. Selanjutnya menikmati sushi dengan kecap asin. Perlu Anda ingat, tidak perlu merendam sushi di semua bagian. Yang perlu Anda lakukan hanya membalik sushi 90 derajat, kemudian mencelupkannya sekejap. Hal ini dilakukan agar sushi tidak kehilangan rasa karena kebanyakan kecap asin.

6. Jahe yang disajikan bersama sushi bertujuan untuk menetralkan indera perasa dalam mulut sebelum menikmati sushi yang berbeda.

7. Jika Anda merasa kepedasan karena wasabi, jangan bernapas menggunakan mulut melainkan menggunakan hidung. Dengan cara ini rasa pedas akan hilang dalam waktu singkat.

8. Sup miso bukanlah hidangan pembuka, melainkan hidangan yang disajikan setelah menikmati sushi. Dalam mengonsumsi sup miso, jangan mempergunakan sendok, Anda dapat meminumnya langsung dari mangkok.

0 comments:

Post a Comment

komen