CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Thursday, October 24, 2013

Kawasaki Konsep Ramah Lingkungan

Produsen motor asal Jepang, Kawasaki Heavy Industries Ltd. menghadirkan kendaraan roda dua konsep pada ajang Tokyo Motor Show ke-43. Apa keistimewaan motor bernama Kawasaki J itu?

Bagi penggemar film "Tron Legacy" atau penonton setia "The Dark Knight", motor konsep yang ditawarkan produsen yang bermarkas di Kobe, Jepang, ini pasti sudah akrab di mata. Kawasaki J merupakan gabungan konsep motor tunggangan Bat dalam "The Dark Knight" dan motor kilat yang ditunggangi Sam Flyn dalam "Tron Legacy".

Motor konsep Kawasaki hadir dengan visi transformatif dan ramah lingkungan. Hal ini tampak dari dukungan listrik sebagai sumber tenaganya. Kendaraan tersebut merupakan “kuda besi” canggih yang dipadu dengan konfigurasi mengendarai motor secara atraktif. 

Tak seperti kendaraan roda dua pada umumnya, Kawasaki J mempunyai tiga buah roda. Dua roda di bagian depan dapat merenggang dan menyempit. Saat yang sama, posisi duduk pengendara dapat naik dan turun sekaligus. Sedangkan roda bagian belakang seolah terdiri dari dua roda yang didesain saling berhimpit, sehingga menimbulkan  kesan stabil bagi pengendara.

Ditambah lagi jarak rangka bagian bawah motor itu terlihat lebih pendek dibanding motor biasa. Hal ini dapat mengurangi efek gesekan udara, sehingga memungkinkan motor melaju lebih cepat di lintasan.

Namun, jika diperhatikan dengan seksama, bisa dibilang Kawasaki J ini mirip motor Piaggio MP3 milik pabrikan asal Italia yang dilansir pada 2006. Atau, serupa juga dengan Yamaha Tesseract yang melaju dinamis jika melewati gundukan dan rute bergelombang. 

Kawasaki J memang lebih dinamis dari produk tersebut. Menunggang motor ini, pengendara dapat mengubah posisinya antara posisi seperti sedang balap (sport mode) atau posisi duduk lebih tinggi (comfort mode). Saat melaju, jarak kedua roda bagian depan yang merenggang, sehingga lebih santai saat melintas di tengah kota. 

Sumber tenaga motor ini berasal dari baterai gigacell, generasi berikut dari baterai nikel-metal hidrida yang sedang dikerjakan Kawasaki saat ini. Jenis baru baterai tersebut juga mampu melakukan pengisian cepat dan pengosongan tergantung pada aplikasinya. Kereta api supercepat juga gunakan baterai itu.

Motor konsep Kawasaki ini bermaksud menfasilitasi para penunggang yang memiliki hobi mengendarai motor modifikasi dengan konsep lebih funky. Selain itu, Kawasaki J hendak menawarkan desain dan teknologi masa depan yang lebih atraktif dan ramah lingkungan, sesuai tuntutan zaman.

0 comments:

Post a Comment

komen